IPB dan Pemkab Nias Barat Resmi Tandatangani MoU

IPB dan Pemkab Nias Barat Resmi Tandatangani MoU

Berita Kerjasama

IPB dan Pemkab Nias Barat Resmi Tandatangani MoU

Bogor, 13 Juni 2024 – IPB University dan pemerintah Kabupaten Nias Barat secara resmi menandatangani nota kesepahaman (MoU) di Ruang Sidang Rektor 1, Gedung Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga.

MoU tersebut ditandatangani oleh Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, dan Wakil Rektor Bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Alumni IPB, Prof. Dr. Iskandar Zulkarnaen Siregar.

Penandatanganan ini menunjukkan komitmen pemerintah Kabupaten Nias Barat dalam mewujudkan visi “Nias Barat yang Bersih, Unggul, dan Maju” melalui pengembangan ekonomi berbasis agrominawisata, termasuk sektor pertanian, perikanan, peternakan, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

Dalam sambutannya, Bupati Khenoki Waruwu menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kerja sama tahun 2019 di bidang masterplan perkebunan dan inovasi lainnya.

“Sejak 2019, kerja sama dengan IPB telah dilanjutkan dengan penyusunan masterplan potensi perikanan dan kelautan yang menjadi acuan dalam pengembangan sektor kelautan,” ujar Bupati Khenoki.

Pada tahun 2023, kerja sama berlanjut dengan penyusunan studi kelayakan pelabuhan perikanan, yang mendukung rencana induk pelabuhan perikanan nasional di Nias Barat.

Bupati Khenoki berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dan membawa manfaat besar bagi masyarakat Kabupaten Nias Barat.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Bappelitbangda dan Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappelitbangda dari Nias Barat, serta dari IPB hadir Kepala Lembaga Riset Internasional Pembangunan Sosial, Ekonomi dan Kawasan, Kepala Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Perdesaan, dan Asisten Direktur Bidang Kelembagaan Direktorat Kerjasama. (RRI/AUN)

Baca juga: IPB dan PT IMIP Resmi Tandatangani MoU