Kunjungan Benchmark IPB ke ITB: Penguatan Kolaborasi dan Optimalisasi Kerjasama

WhatsApp Image 2024-10-15 at 14.51.52
Berita Kerjasama

Kunjungan Benchmark IPB ke ITB: Penguatan Kolaborasi dan Optimalisasi Kerjasama

Bandung, 15 Oktober 2024 Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan kunjungan benchmark ke Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam rangka memperkuat kerjasama antar institusi. Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Alfian Helmi, S.Kpm., M.Sc., selaku Direktur Kerjasama IPB beserta jajaran staf dari Direktorat Kerjasama. Sementara itu, pihak ITB diwakili oleh Prof. Dr. Taufiq Hidayat selaku Kepala Biro Kemitraan, serta Suprayogi, S.T., M.T., Ph.D., selaku Direktur Perencanaan Sumber Daya, beserta timnya.

Agenda utama pertemuan ini mencakup pembahasan tentang sharing kerjasama antar institusi, mulai dari proses perintisan hingga pelaporan. Salah satu fokus penting yang dibahas adalah bagaimana optimalisasi penarikan dana kerjasama di IPB yang hingga saat ini masih perlu ditingkatkan. Selain itu, dibahas juga terkait kebijakan baru ITB sejak tahun 2023 yang disetujui oleh rektor, yakni penambahan staf di Direktorat Kerjasama dari 9 menjadi 15 orang.

Dalam kesempatan ini, ITB menjelaskan tentang struktur Biro Kemitraan yang memiliki tiga Kabag yang menangani berbagai aspek kerjasama. Mereka juga mengelola sistem informasi (SI) yang turut menangani pengelolaan kemitraan dan menjadikan biro ini sebagai hub kerjasama antar fakultas. Selain itu, tiap fakultas memiliki koordinator yang bertanggung jawab melaporkan perkembangan kerjasama.

Kunjungan ini menjadi momentum bagi IPB dan ITB untuk saling belajar, mengeksplorasi peluang kerjasama baru, dan memperkuat sinergi yang sudah terjalin, dengan harapan dapat terus berkolaborasi dalam berbagai program dan inisiatif nasional maupun internasional.