IPB dan Unwar Denpasar Gelar FGD Meningkatkan Reputasi Institusi

IPB dan Unwar Denpasar Gelar FGD Meningkatkan Reputasi

Berita Kerjasama

IPB dan Unwar Denpasar Gelar FGD Meningkatkan Reputasi

Denpasar, 22 Februari 2024 – IPB University dan Universitas Warmadewa Denpasar mengadakan Focus Group Discussion (FGD) meningkatkan jumlah publikasi ilmiah guna memperkuat mutu dan reputasi akademik kedua institusi di Ruang GDM 1 Gedung FKIK Universitas Warmadewa Denpasar, Bali pada Kamis (22/2/2024).

Dengan tema “Meningkatkan Reputasi Akademik Universitas melalui Kerja sama dan Publikasi Ilmiah,” FGD ini menjadi platform kolaboratif bagi Unwar, IPB, dan beberapa perguruan tinggi lainnya di Bali untuk merumuskan langkah-langkah strategis.

Rektor Unwar Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., bersama Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Pengabdian Masyarakat Dr. dr. Dewa Ayu Putri Sri Masyeni, Sp.PD-KPTI, Wakil Rektor Bidang SDM, Keuangan, dan Operasional Dr. Putu Ngurah Suyatna Yasa, S.E., M.Si., dan Wakil Rektor Bidang Kerja sama dan Kemahasiswaan Dr. I Nyoman Sujana, S.H., M.Hum., memberikan apresiasi tinggi terhadap kerja sama yang ditawarkan oleh IPB. Prof. Pandit menyatakan kebanggaannya karena IPB sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, turut berperan dalam meningkatkan reputasi Unwar menuju kelas dunia.

“Jadi IPB ini memiliki misi yang luar biasa yakni melakukan kerja sama dengan mengangkat beberapa perguruan tinggi di Bali yang memiliki kesamaan program studi untuk meningkatkan reputasinya bersama-sama,”.

Mewakili Rektor, Direktur Kerja sama Bidang Konektivitas Global dan Alumni IPB Dr. rer.nat Jaenal Effendi, S.Ag. MA., mengungkapkan harapannya agar kerja sama ini menghasilkan dampak positif bagi kedua belah pihak. Dengan melakukan riset kolaboratif dan mempertahankan prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi, diharapkan kerja sama ini mampu memberikan manfaat yang berkelanjutan. Inisiasi kerja sama ini dianggap penting untuk mendorong mutualisme yang saling menguntungkan antara Unwar dan IPB.

Seperti diketahui bersama IPB telah menempati peringkat teratas dalam bidang forestry dan pertanian di ASEAN dan peringkat ke-41 secara global, menjadi inspirasi bagi Unwar untuk meningkatkan kualitas dan reputasi akademiknya. Jaenal berharap melalui kerja sama ini, Unwar dapat berperan aktif dalam pembangunan masyarakat Bali dengan konsep “one Village one CEO,” yangmana alumni Unwar akan mendampingi masyarakat pedesaan dalam mengembangkan industri atau usaha lokal.

“Hal ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi perguruan tinggi lain di berbagai daerah untuk meneladani prestasi dan kontribusi positif yang telah dicapai oleh IPB,” pungkas Jaenal. Dengan semangat untuk menularkan pengalaman dan pengetahuan positif dari IPB, kerja sama antara Unwar dan IPB diharapkan dapat menjadi model yang menginspirasi perguruan tinggi lainnya untuk berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kemajuan pendidikan dan pembangunan masyarakat. (DD/AUN)

Baca juga: Kolaborasi IPB dan TKM Menuju Bisnis Berkelanjutan di Bali