RFQ_6189

IPB dan Badan Keahlian DPR RI Sepakat Lanjutkan Kerjasama

Berita Kerjasama

IPB dan Badan Keahlian DPR RI Sepakat Lanjutkan Kerjasama

Bogor, 27 Maret 2024 – IPB University dan Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk menjalin kerja sama yang lebih erat. Acara tersebut berlangsung di Ruang Sidang Senat Akademik, Gedung Andi Hakim Nasoetion Lantai 6, Kampus IPB Dramaga pukul 09.00 WIB.

Hadir perwakilan dari IPB University yaitu Rektor IPB University, Wakil Rektor 1 Bidang Pendidikan Dan Kemahasiswaan, Wakil Rektor 3 Bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Masyarakat Agromaritim, Direktur Kerjasama, serta beberapa pimpinan unit lainnya. Sementara dari Badan Keahlian DPR RI, turut hadir Kepala Badan Keahlian beserta jajaran.

Dr. Inosentius Samsul, S.H., M.Hum. sebagai Kepala Badan Keahlian menyatakan bahwa MoU ini merupakan kelanjutan dari kerja sama yang sudah terjalin sejak lama antara kedua belah pihak.

“Harapannya, kerja sama ini akan memberikan masukan yang berharga bagi lembaga lain, terutama terkait kritik-kritik yang konstruktif dalam berbagai aspek, seperti hukum, ekonomi dan pertanian. Dan yang tidak kalah penting saat ini kita juga sedang menyusun RUU Pendidikan Kedokteran Hewan. RUU ini diharapkan menjadi dasar hukum yang penting untuk menguatkan posisi penyelenggara Pendidikan tinggi kedokteran hewan di Indonesia”. Katanya dalam sambutan.

Dari pihak IPB University, Prof. Dr. Arif Satria, M.Si, Rektor IPB menyambut baik kerja sama ini dan menyatakan kesiapan IPB untuk memberi dukungan. Prof. Arif menekankan pentingnya dukungan akademik dalam proses legislatif, yang akan menghasilkan keputusan yang lebih substansial. Dengan demikian, DPR tidak hanya dilihat dari sudut politik semata, tetapi juga memiliki dimensi akademik yang kuat.

Selain penandatanganan MoU, kedatangan Badan Keahlian DPR RI juga dimanfaatkan untuk melakukan Focus Group Discussion (FGD) terkait rencana perancangan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan Kedokteran Hewan.

Acara penandatanganan MoU ini diakhiri dengan harapan bahwa kerja sama antara IPB University dan Badan Keahlian DPR RI akan memberikan kontribusi yang positif dalam pembangunan Indonesia, terutama dalam bidang-bidang yang menjadi fokus kedua belah pihak. (AUN)

Baca juga: IPB Jalin Kerjasama dengan 2 Perusahaan Swasta di Bali